Penyebab Penyakit Kuning Pada Ayam Laga

Ayam Laga

Salah satu dari sekian banyak penyakit berbahaya yang dapat mengalami kematian bagi ayam laga yaitu penyakit kuning. Penyakit yang sangat mematikan dan harus segera diobatin bila cock fight Anda mengalami penyakit jenis ini. Penyakit ini menyerang semua jenis ras cock fight seperti cock fight saigon, birma, bangkok dan jenis lainnya. Ciri-ciri spesifik dari penyakit kuning pada cock fight bisa Anda lihat dengan ayam yang terlihat lesu, kurus, dan masih banyak lagi. Tetapi tahukah Anda bahwa penyakit kuning sulit untuk diobati? Bahkan sebagian cock fight yang terkena penyakit ini akan mati.

Meskipun sulit untuk diobati, tetapi semua jenis penyakit pasti ada penangannya dengan cara yang berbeda-beda. Walaupun dalam pemulihannya bisa memakan waktu jangka yang panjang untuk menyembuhkan penyakit jenis ini. Penyakit ini menyerang sistem imun tubuh pada cock fight, tak terkecuali manusia juga bisa terserang penyakit jenis ini.

Biasanya penyakit ini menyerang salah satu bagian organ paling vital yaitu bagian hati. Seperti yang Anda ketahui hati merupakan organ paling vital di bagian tubuh manusia, jadi bila terserang penyakit maka daya tahan tubuh akan menurun. Sama seperti halnya ayam laga, bila daya tahan tubuh menurun maka otomatis ayam gampang diserang oleh penyakit.

Penyebab Penyakit Kuning Pada Ayam Laga

Pertarungan
Salah satu faktor yang umumnya yang menjadi penyebab terjadinya penyakit kuning pada cock fight, yaitu pertarungan. Hal ini dikarenakan cock fight diperlagakan diluas batas daya tahan tubuhnya maka dapat menimbulkan penyakit kuning. Jadi sebaiknya Anda tidak terlalu memaksakan cock fight untuk diperlagakan bila kondisinya sudah tidak memungkinkan.

Terkena Serangan yang Kuat
Ayam laga yang masi muda, bila dipertarungkan dengan cock fight yang telah berusia tua juga dapat mengakitkan penyakit kuning. Karena serangan pada cock fight yang telah berusia tua sudah pasti serangannya sangat kuat dan fatal. Hindarilah melagakan cock fight anda yang masi muda dengan yang telah berusia tua.

Virus
Inilah yang menjadi faktor yang paling sering terjadi bila sistem imun tubuh pada cock fight menurun. Bila sistem imun menurun sudah pasti virus gampang menyerang organ vital seperti hati.

Kuman
Biasanya terdapat kuman pada kotoran hingga kebersihan kandang yang tidak terjaga. Faktor ini juga yang bisa mengakibatkan ayam laga terserang penyakit kuning. Jadi sebaiknya Anda lebih memperhatikan kebersihan kandang, rajinlah untuk membersihkannya setiap hari.

Luka Pada Ayam yang Dibiarkan
Nah, inilah satu faktor serius yang sering terjadi bila Anda sepele dengan luka yang terjadi pada cock fight. Sering kali peternak tidak memperdulikan cock fight yang terluka sehabis pertarungan. Bila luka dibiarkan dan tidak ditangani sudah otomatis luka tersebut akan infeksi dan akan mudah diserang bakteri.

Penyakit Jenis Lainnya
Ayam laga juga dapat diserang penyakit kuning bila cock fight sedang mengalami sakit. Contohnya seperti cock fight yang sedang mengalami gangguan pencernaan sehingga nafsu makannya menurun. Hal ini juga bisa menjadi salah satu faktor penyakit kuning menyerang, jadi sebaiknya bila cock fight sedang sakit harus segera cepat diatasi.

Beberapa Ciri-Ciri Penyakit Kuning Pada Ayam Tarung

  • Ciri-ciri yang paling mudah Anda kenali adalah perubahan warna kulit ayam laga yang berubah menjadi warna kuning
  • Cock fight terlebih lesu,tidak bergairah dan malas bergerak
  • Cock fight yang biasanya pemberani, menjadi takut ketika dipertarungkan
  • Cock fight kehilangan semangat untuk kawin dengan lawan jenisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *